Visitors

Today 406

Yesterday 312

Week 1135

Month 12921

Since 2005 10771111

Currently are 24 guests and no members online

Article Index


• F2D (CL Combat)

Definisi Pertandingan

Pertandingan Combat adalah pertandingan dimana 2 buah model terbang bersamaan pada satu arena dalam periode waktu yang telah ditentukan dengan tujuan saling memotong pita kertas krepe ( STREAMER ) yang dipasang pada bagian belakang model. Setiap pemotongan streamer akan diberikan nilai

Definisi Model

Model Combat adalah suatu model dimana tenaga penggeraknya diperoleh dari motor serta gaya angkatnya dihasilkan dari gaya aerodinamik yang bekerja pada permukaan-permukaan yang tidak dapat digerakkan kecuali bidang kemudi

Arena Pertandingan

Lapangan arena Combat terdiri dari 2 ( dua ) lingkaran dengan satu pusat yang terlihat jelas diatas tanah. Lingkaran Tengah ( Penerbang ) berjari-jari 3 ( tiga ) meter, Lingkaran penerbangan model 19 ( sembilan belas ) meter dan Lingkaran Pit ( mekanik ) 22 meter.

Peserta Pertandingan

Pilot boleh membawa 2 ( dua ) mekanik, dalam keadaan basah mekanik tambahan diijinkan untuk memegang kertas krepe . Selama pertandingan Pilot dan mekaniknya harus menggunakan helm pengaman yang dengan pengikat dagu. Pilot boleh membawa 2 model cadangan beserta talinya yang harus ditempatkan diluar lingkaran tengah. Sisa streamer yang tersisa pada model yang jatuh harus dipindahkan ke pesawat cadangan yang siap terbang.

Karateristik Model

Luas permukaan maksimum 150 dm2. Berat model maksimum 5 kg. Muatan maksimum 100 gr/dm2. Tidak boleh ada peralatan tambahan untuk memotong streamer. Kapasitas motor maksimum 2.5 cc, apabila dengan ball bearing harus memiliki peredam suara serta motor harus memiliki pengikat pada sumbu titik beratnya. Model harus memiliki meralatan untuk menempatkan streamer dan terletak pada garis poros mesin.

Ketentuan Alat Pengendali

Panjang tali kedua penerbang harus sama yaitu 15.92 m, diukur dari handel penerbang sampai sumbu baling-baling motor. Setiap handle harus dilengkapi tali pengaman ( SAFETY STRAP ) . Setiap memulai pertandingan , kekuatan tali dan sistem kemudi akan diuji.

Penilaian Pertandingan

Waktu keseluruhan pertandingan adalah 5 menit. 1 menit pertama model sudah harus hidup dan apabila gagal maka dinyatakan kalah. Setelah model hidup, model harus diterbangkan setelah tanda diberikan oleh pimpinan pertandingan ( Tanda Kedua ) . Apabila ke 2 model sudah mengudara, maka pimpinan pertandingan akan memberikan tanda bahwa ke pertempuran dapat dimulai. Umumnya juri yang terlibat terdiri dari juri waktu, streamer, mekanik, juri lingkaran penerbang .
Setiap pemotongan streamer akan mendapat nilai, termasuk waktu terbangnya. Nilai pemotongan tersebut adalah 100, untuk waktu penerbangan nilai 1 akan diberikan untuk setiap detik. Apabila model memotong benang, bukan kertasnya maka tidak mendapat nilai. Model yang terbang tanpa streamer karena terlepas akan didenda 100 dan harus segera mendarat. Hasil akhir adalah jumlah komponen nilai yang ada yang dikurangi oleh pelanggaran yang dilakukan oleh penerbang dan mekaniknya selama penerbangan resmi berlangsung.
Sistim pertandingan yang disusun biasanya hasil kesepakatan pada pertemuan teknis sebelum pertandingan dimulai. Penerbang dapat dinyatakan gagal ( DISKWALIFIKASI ) apabila mesin modelnya tidak hidup dalam waktu 2 menit, menyerang model lawan bukan pita kertas krepe lawannya ataupun menyerang penerbang.

  • kad_166.png
  • menuju 166.png

FASI -  Aeromodelling dan Drone
Copyright 
© 2022 - All Rights Reserved.