Rekap Peserta Kejurka 2022

Visitors

Today 337

Yesterday 422

Week 2732

Month 14144

Since 2005 10554291

Currently are 16 guests and no members online

Reportase : NIDA - Panpel Pelatihan Dasar Aeromodelling FASI Kota Bontang

Penyelenggara Event : PKAC (PUPUK KALTIM AEROMODELLING CLUB)

Dalam rangka lebih mengenalkan dan mempopulerkan  serta meningkatkan potensi olahraga aeromodelling  yang ada saat ini  dan khususnya di kalangan pelajar se-kota Bontang, Pupuk Kaltim Aeromodelling Club (PKAC) bekerjasama dengan Korps Karyawan Pupuk Kaltim (KKPKT) telah sukses melaksanakan Pengenalan dan Pelatihan Aeromodelling yang diikuti oleh 85 pelajar siswa/siswi SMP dan SMA se-kota Bontang. Saat ini di Bontang sudah terdapat kurang lebih 10 orang aeromodeller khusus Radio Control. Salah seorang peserta junior Ari ( 3 SD ) menunjukkan bakat yang menjanjikan.


Pelatihan tersebut diselenggarakan pada tanggal 23-27 Juni 2009 di Aula SMA YPK dan Lapangan atas BSD Bontang serta Lapangan Terbang Layang di Sekambing. Pada acara tersebut, PKAC mengundang para Instruktur Aeromodelling yang berpengalaman dan menjadi kehormatan bagi para pengurus seperti Bapak Marsda TNI ( Purn ) Purnomo Sidhi (Ketua Pordirga  Aeromodelling PB FASI ), Bapak Yan Fajar (Sekretaris  Pordirga Aeromodelling PB FASI ), dan tidak ketinggalan Instruktur Nasional Aeromodelling yang juga atlet aeromodelling asal Jawa Timur yaitu, Bapak Benny Limanhadi dan Bapak Misnanto yang keduanya adalah pemegang emas medali PON dan beberapa Kejurnas Aeromodelling di Indonesia.

Banyak para pelajar yang sangat antusias mengikuti pengenalan dan pelatihan aeromodelling, karena menurut mereka olahraga ini merupakan olahraga yang baru bagi mereka. Pelatihan ini sendiri  diselenggarakan dengan tujuan untuk mencari bibit baru dalam olahraga aeromodelling yang diharapkan dpaat menjadi atlet aeromodelling Bontang.

Adapun diklat yang diselenggarakan meliputi pengenalan organisasi, pengantar keselamatan, teori dan praktek serta menerbangkan. Setiap peserta dikelompokkan sesuai sekolahnya selanjutnya di tugaskan membuat 2-3 buah OHLG dari bahan dasar. Berikutnya mereka menerbangkan bersama-sama dan dicatat waktu terbaik dalam pelatihan ini. Untuk jenis Control Line peserta yang telah diseleksi serta dilatih untuk menerbangkan sendiri, termasuk juga persiapan  hingga selesai penerbangan. Setidaknya hampir seluruh peserta yang telah terpilih mampu menerbangkan SOLO.

Pada pelatihan ini, para instruktur telah menyaring peserta unggulan sebanyak 13 orang, yang diharapkan dapat  mengembangkan bakat mereka di bidang aeromodelling lebih professional.

Suksesnya pengenalan dan pelatihan ini tidak dipungkiri karena kerja keras dari 15 orang panitia yang berasal dari para anggota FASI BONTANG dan para pelajar kota Bontang. Acara tersebut juga terlaksana atas dukungan yang sangat besar dari PT KDM, PT KMBU, KKPKT, PKT dan seluruh sekolah SMP dan SMA se-kota Bontang. Dan banyak dari para peserta berharap bahwa acara ini akan berlangsung secara rutin, sehingga olahraga aeromodelling akan semakin berkembang. Pengurus Pordirga berpesan agar siswa tetap semangat berlatih dan ditunggu pada Kejurnas tahun ini yang rencana pada Oktober 2009. Alhamdulillah hingga pelatihan ditutup , semua dilaksanakan dengan ZERO Accident.

Foto kegiatan, klik disini.

  • kad_166.png
  • kejurnas_166.png
  • menuju 166.png

FASI -  Aeromodelling dan Drone
Copyright 
© 2022 - All Rights Reserved.