Visitors

Today 178

Yesterday 544

Week 722

Month 14699

Since 2005 10772889

Currently are 2 guests and no members online

Article Index

 

Preliminary round 1 dan 2 diadakan keesokan harinya, 6 September 2006.  Ketika bangun dan melongok ke luar, pagi itu gerimis. Awan abu2 menyelimuti kota Ota seluruhnya, matahari tak nampak. Memang hari itu diprediksi ada badai. The show must go on. Setelah makan pagi, kami berangkat ke arena lomba. Photo 7 memperlihatkan kita lagi persiapan. Bila sehari sebelumnya pada saat latihan resmi suhu sejuk layaknya di Puncak, namun pada saat preliminary round 1 dan 2 terasa terlalu dingin tanpa jaket/mantel. Photo 8 menunjukkan Ridwan sedang mempersiapkan untuk terbang dan model berada di ready box siap untuk saya start. Saat itu sedang gerimis. Contest director beberapa kali menghentikan lomba, apabila gerimis semakin deras. Pada hari ini ada dua kejadian signifikan yang menimpa tim Australia. Yang pertama helinya crash masuk kesemak-semak/rawa, dan akhirnya pemiliknya menyerah unutk mencari. Yang kedua crash saat hover, perkiraan saya karana kegagalan mekanik. Harap diperhatikan photo 9, sebenarnya saya tidak menunjukkan heli yang crash, namun perhatikan transmitter yang ada ‘payung’ nya. Ini bagaimana competitor mengantisipasi situasi pada saat lomba. Sebagai catatan, bagi kontestan yang memakai kacamata, seperti Erick, gerimis sangatlah mengganggu pandangan pada saat terbang karena kacamatanya kena air hujan. Mobil aja pakai wiper! Saya, juga berkacamata, yang bertugas sebagai caller saja terganggu. Pada hari pertama lomba menyelesaikan ronde 1 dan 2, Indonesia pada peringkat 6 dari 8.

Image Image

Hari berikutnya menyelesaikan preliminary round 3 dan 4. Cuaca jauh lebih bersahabat, tidak ada lagi gerimis. Suhu tetap terasa dingin untuk kami. Pada hari kedua lomba, segalanya berjalan mulus. Babak penyisihan selesai jam 1600, sepuluh menit kemudian score sudah ada papan. Sebelum kita kembali ke hotel, seluruh penerbang Hirobo berfoto bersama. Karena ketiga penerbang dari Indonesia pakai Hirobo, ya harus ikut. Bukan promosi lho!

Team Indonesia akan pulang keesokan harinya, maka peti-peti model harus diambil di tempat penyimpanan dan dibawa ke hotel untuk pengepakan. Kami akan berkendara mobil dari Ota ke Narita yang memakan waktu 2 jam, kalau tidak kesasar. Jangan khawatir, teman kita orang Jepang sudah memprogran GPS yang ada di mobil dari Ota ke Narita. Kami berangkat jam 0300 dan sampai di Narita jam 0700. Semua berjalan lancer sampai ke rumah masing-masing.

Praise the Lord.

Sebagai catatan saya tentang kompetisi.

  1. Penerbang F3C dari Jepang memang selayaknya juara. Hashimoto, Dobashi dan Sensui adalah mantan juara dunia. Score mereka antara 8 sampai 9 pada setiap maneuver, sehingga tiap ronde akan mendapatkan score antara 240 sampai 260.
  2. Di bawah penerbang Jepang, terdapat penerbang dari Filipina dan Taiwan. Score mereka antara 200 sampai 220 atau score per maneuver antara 7 sampai 8.
  3. Nilai deviasi penerbang pada point 1 dan 2 adalah kecil.
  4. Team Indonesia, dengan score antara 100 sampai 160 menunjukkan tiap maneuver mendapat score antara 3 sampai 6. Kalau di teliti lebih dalam lagi, ada maneuver yang dapat 7 namun ada yang dapat 1. Nilai deviasi penerbang kita amat besar.
  5. Dari point 4, apa yang dapat kita pelajari adalah kita kurang/tidak konsisten dalam berlatih. Baik konsistensi antar maneuver dalam tiap penerbagan maupun antara penerbangan. Konsistensi tidak dapat dicapai dalam satu atau dua bulan berlatih. Hal ini memerlukan ketahanan, determinasi, pengetahuan serta model yang representative.
  6. Faktor mental sangatlah perperan dalam menghadapi event sekelas CAOCC.
  7. CAOCC 2006, menurut perkiraan saya sudah selevel WC karena penerbang-penerbang Jepang yang berkaliber juara dunia.
  8. Kalau team Merah Putih mau berada di 10 besar di arena CAOCC menurut saya peluang masih terbuka. Apa kita mau? Ayo..........

Surabaya, 17 Sept 2006

Benny Limanhadi

{moscomment}

  • kad_166.png
  • menuju 166.png

FASI -  Aeromodelling dan Drone
Copyright 
© 2022 - All Rights Reserved.